04 February 2009

Maag Syndrome

Sekitar jam 12 siang

Puti : Haduuuuuh cacing gue udh mulai bernyanyi tralala trilili nihhhh ya ampuun
Teman1 : Ha? Hebat juga ya cacing lo bisa nyanyi. Kaya cacing gue dooong bisa karate
Puti : Bah! Dia lagi bisa karate. kayanya cacing gue jg bisa karate deh. Wong perut gue sakit bener ini yaaak ya ampuuuun... kaya di tusuk tusuk
Teman2 : Oh, lo laper kali yaaa?
Puti : Gubrak! Yaiyalaaaaah, laper banget huhuhuhu
Teman1: Yaaaa.. makan dong put. nanti sakit maag lho!
Puti : ah tapi males ke kantin, jauuuuuhhh.. *berasa kantinnya di Amerika aja jauh bener*
Teman2 : Udah sana makaaaaan
Puti : ntar aja deh pulang sekolah

tiba tiba

Puti : Aduuuuuuuuuuuuuuuuh, sakiiiiiitt banget perut gue
Teman2 : Nah, maag tuh put

Hey teman teman yang aku sayangi yang ku cintai belahan hatiku belahan jiwaku belahan pantatku (lho?) hahahaha bercanda. Kalian sering ga sih ngalamin kaya penggalan cerita aku di atas? Pasti pernah kan? Pernah dong.. hehe Nah, kalo emang pernah bahkan sering, kalian tau ga itu ga baik? Pasti tau kan? tau dooong.. hehehehe Ga seharusnya kalian menunda-nunda makan atau menahan lapar. Seperti kata Rasulullah : "Makanlah setelah lapar dan berhentilah sebelum kenyang" Dahsyaaaaat.. itu manjuuur banget. Bener deh! Kalian ga bakal ngerasain sakit perut kalo kalian ikutin apa kata Rasulullah tadi..

Sebelumnya, aku jelasin dulu dehhh, maag itu apa sih?

Maag adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.



Nah lhoooo, serem ga sih lo baca pengertiannya? hehehehe Dari pengertiannya aja kita udh bisa tau gmn ga enaknya punya penyakit maag. Maag itu bukan kaya jelangkung yang "dateng ga dijemput pulang minta ongkos" lho? hahahaha Pastinyaaa maag punya penyebabnya. Nih, penyebabnya itu :

a. Telat makan! trus begitu makan, makannya kebanyakan, waduuuh
b. Makan ga teratur
c. Makan - makanan yang jorok atau tidak terjangkau kebersihannya

Oke nih yaa, jujur aja nih..
Aku juga punya penyakit maag. Pas aku belajar biologi di tempat bimbel, aku baru tau ternyata saat perut kita kosong itu, bagian lambung saling beradu
jadi gini... Misalkan aja yaa....

Saat lambung kita ada makanan, lambung kita akan melakukan pencernaan kimiawi yang dimana lambung akan melakukan gerak/kontraksi pada makan tersebut. seperti contoh gambr di bawah ini...



Ini kalo lambung kita terdapat makanan


Tapi...... kaya gini kalo udh waktunya keisi makanan, eehhhh belom keisi jugaaa




begini nih jadinyaaaa, bagian dalm lambung saling beradu dan itu akan menimbulkan luka
Makanyaaaa kenapa orang kalo laper trus ga makan, eh pas makan malah sakit perut. yaaa gini. Karena lambungnya udh luka. jadinya sakit. Dan yang namanya sakit maag itu ga bisa sembuh total. Namanya juga lambungnya udh luka, itu akan berbekas.

Ayoooo dooong jangan nunda nunda makan lagi. Nanti jd kaya gini lhooooo..
Pesen bagi orang yang gemuk seperti akyu, hehe:
Ga udah diet2anlaaaah.. Terima aja apa yang udh Allah kasih buat kita. Kalopun kita mau mengubah itu semua, yaaaa olahraga dooong. jangan ga makan kaya gitu. Okeeee?


8 comments:

devshedz said...

Ku juga kalo malem sering sakit maah apalagi kalo dingin ... maahh maahh maahh panggi2 mamah hiihi becanda - keep posting oks i like it

biongo said...

Wedew ati2 kalo punya maag non...

Puti Rahayu Fadila said...

@devshedz : hahahahaha itu mah beda atuh kaaaak :D

@biongo : iya kaak, makasih yaaa :)

bocahbancar said...

Yach itu sich biasanya penyakita anak kost yang ge jauh dari rumah...

Saya juga hikz...hikz...

Sekolah Pramugari said...

Udah sembuh kan... dan kalo perut kosong jangan baraktivitas dulu... kalo bisa sangu(bawa bekel) pisang tuh... buat ngemil. Murah, meriah, bisa di makan kapan aja...

Keep Your spirit, Go Blogging :)

kampanye damai pemilu indonesia 2009 said...

Kampanye damai pemilu indonesia 2009 berkunjung dan menebar virus kampanye

CHIKO said...

Wahh.. ternyta sakit maag juga y bu.. sama dunk... hehehhehe

Puti Rahayu Fadila said...

waw, thanks komennyaaa hehehe
@bocahbancar : ih kakak, jangan di biasain, nanti akut lhooooo

@Sekolah pramugari : pisang? masa kata mamaku pisang ada yg ga baik buat org maag lho kaak

@Kampanye : makasihhhhh

@Chiko : waduh si kakak, hobby boleh sama, masa penyakit di sama samain juga hehehehhehe

Post a Comment

comment for this post