03 March 2009

PRT

PRT - PEMBANTU RUMAH TANGGA
PRT itu yang ngebantuin beresin rumah kita. yang tiap bulannya di kasih upah alias gaji. iya kan ya begitu kan ya? yaaa bisa juga sih selain ngurusin rumah, ngejaga rumah, bisa juga ngurus bayi/balita, ngejaga balita.

nah bingung ga sih kenapa aku tiba2 mau ngebahas tentang PRT alias Pembantu Rumah Tangga?
*aku tau, pasti pengalaman hidup km jadi pembantu rumah tangga kan? huh! aku gitu lhoo! *

GUBRAK! BUKAAAAAAAAAN! enak aja kamu nih ih

emang sih pengalaman hidup, tapi bukan aku yang jadi pembantu rumah tangga, tapi aku mau menceritakan si pembantu rumah tangga ku. kita singkat aja PRT.

Si PRT ini tepatnya udah hampir 3 tahun kerja di rumahku. Dulu, waktu pertama-tama, dia baiknya minta ampun, beuh ga ada ngeluhnya deh.

1. kalo di suruh mama ataupun aku, ya dia ga pernah nolak.

2. trus kalo pulang kampung selalu tepat waktu.

3.kalo aku atau mama nanya tentang sesuatu, pasti dia jawab dengan sopan dan lemah lembut.

4. kalo ada tamu, siapapun, langsung di ambilin minum.

jujur aja, keluargaku ga pernah menuntut banyak hal dr dia. yg penting dia bisa masak sedikit2, beresin rumah, sm jagain rumah aja itu udh lebih dr cukup. karna kan keluarga ku cuma 3 orang, aku, mama sm papa. berhubung baru beberapa minggu dia kerja di tempatku, papaku meninggal, jadi tinggal aku sm mama deh. Menurut kalian, gampang ga sih, istilahnya cuma ngurus 2 orang sm rumah doang. cucian juga ga banyak ko..

pertama2 mamaku nyediain HP buat dia, naaaaah makin dia punya uang, dia udh mulai beli HP sendiri tuh. kerja sambil sms atau telfon2an aja ga pernah di "komplen" sm mamaku. asal kerjaannya rapi, beres!

Di rumahku, dia ga pernah sama sekali di beda2in. apalagi sampe di siksa kaya TKW2 gitu..
ya ampuuun ga sekejam ini kali ya...


Dia udh di anggep sodara sendiri, Mau makan di ajak barengan, trus kalo aku sm mama pergi kemanapun, pasti dia diajak, atau di beliin oleh2. Kadang2 malah dia di suruh tidur kamar mama atau aku yang ber-AC, empuk dan macem2. Boleh nonton TV bareng juga. Wah, bebas deh. Apalagi aktivitasku sm mama di mulai dari jam 6 - sore. Pas waktu siang, rumah kosong dong ya... waduh waduh tambah seneng aja dia. Akhirnya, sampe pada waktunya, DIA NGELUNJAK!

1. di panggil sm mama, ga pernah nyaut. "iya" kek, atau "sebentar bu". ini tuh ga sama sekali

2. kalo di suruh, kadang2 malah nyuruh balik.

contoh cerita :

aku baru pulang skolah nih, capek, panas, bete, pusing dan laper. trus, aku minta tolong beliin dan masakin mie sm dia. emang sih, posisinya saat itu dia lagi ngepel, tapi tuh ga enak aja gitu muka dan cara dia jawabnya

"mba, aku minta tolong masakin mie ya. uang buat beli mienya, ada di tempat biasa"

dan dia jawab

"mba puti masak sendiri aja deh. saya lagi ngepel"

waw! jujur kaget banget waktu pas dia ngomong gitu. emang sih itu bukan pertama kali dia nolak. tapi menurut aku, jawaban dia ga enak banget. hhah sabar sabar. akhirnya aku ga makan sm sekali, wong cuapeknya minta ampun..

""""""""""'


3. kalo di tanya jawabnya senga'

contoh cerita :

mamaku nanya..

"Kom (nama samaran), rok ibu yang kembang2 dimana ya?"
"ya ga tau. saya ga pernah nyuci tuh bu kayanya"
"ah masa sih, kalo kamu ga nyuci, trus siapa dong, kan disini yang nyuci kamu doang"
"ya mana saya tau, ibu kali yang naro, bukan saya"
"lho? ibu mana pernah naro2 kaya gitu. pasti kamu deh salah naro. kamu taro di lemari ibu yang tempat rok kan? yang di lipet, bukan di gantung"
(sambil nyari2 di lemari)"yaiyalah, masa saya taro di..."
(di selak sama mama)"nah yaudah, mana coba?"
(pas dia narik salah satu gantungan baju, ada rok yang di maksud di gantung bersama bajunya)
"nah tuh kan ada kaaaaaaaaaaan.." kata mamaku
(dengan muka yang bete gitu dia keluar kamar mamaku)

""""""""""""


4. kalo ada tamu, terutama tamu aku, itu tuh ga pernah di bikinin minum... (emang sih aku bisa bikin sendiri, tapi kayanya aneh yaa.. dan sepertinya cuma dia yg begitu)

haduuuuuuuuuuuuuuh parah deh masih banyak lagi yang dia lakuin smp ngebuat aku keseeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeel banget


pengen aku ciaaaaaaaaaaaaaat ciat ciat ciat

astagfirullahhhhhh.. jangan puti.. sabar sabar..


0 comments:

Post a Comment

comment for this post